Diduga Dana Kas Pemkab Minut Kosong, TKD Guru Jadi Korban

MINUT BUSERNEWS.com – Diduga, Kondisi keuangan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) sedang menggalami kekosongan dana. Isu ini rupanya hangat dibicarakan oleh beberapa kalangan para Aparatur Sipil Negara ASN yang ada di Kabupaten Minut.

Kondisi ini diprihatinkan seiring dengan banyaknya dana yang harus dibayarkan kepada para ASN dalam tahun akhir anggaran 2017 yang nilainya hampir mencapai miliaran rupiah.

Buktinya, sejumlah ASN di Dinas Pendidikan (red-Guru) yang ada di Likupang merasa dikorbankan, Pasalnya, hingga kini, para Guru belum menerima Tunjangan Kerja Daerah (TKD) selama 5 bulan terakhir.

Beberapa Guru yang tidak ingin disebutkan namanya takut kalau di “Diskriminasi” mengakui hal tersebut. Menurut mereka, sampai saat ini pemkab belum membayar Tunjangan mereka..

“TKD kami PNS golongan rendah ini sudah Lima bulan belum dibayar. Alasannya kas daerah sedang kosong, kenapa bisa kosong? apakah pemerintah tidak merencanakan anggaran pendidikan dengan matang sehingga anggarannya bisa kosong.” terang mereka.

Sementara Kepala dinas (PLT) Minahasa Utara Sofitje Wolajan melalui Bendahara umum, ketika dikonfirmasi medua Busernews, Kamis (30/11), mengakui kalau kas untuk pembayaran TKD Guru yang ada di kecamatan Likupang mengalami kekosongan.

“Memang dana untuk Pembayaran TKD di Kecamatan Likupang Sedang kosong, tetapi  dinas telah menganggarkan dalam APBD Perubahan untuk pembayaran tunggakan TKD, jadi para Guru diharapkan tidak usah Khawatir, dalam waktu dekat ini TKDnya akan segera di cairkan.” Tandasnya.
(Benny/ifuL)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*