DLH Minut Intensitaskan Kontroling Jelang Penilaian Adipura Tahap 1

MINUT BUSERNEWS.com – Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Minahasa Utara, meningkatkan intensitas ke lapangan untuk melihat beberapa titik pantau jelang penilaian Adipura tahap pertama.
“Hari ini, kita lakukan kontroling pada beberapa titik pantau diantaranya perkantoran, sekolah, puskesmas, Rumah sakit, perusahaan, zona hijau, tempat Wisata, Pasar dan TPA.” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Minut Tineke Rarung melalui Kepala Bidang Kebersihan Melky Rompis, Senin (27/11).
Ia mengatakan, pemantauan ini merupakan tahap awal bagai mana keadaan titik pantau saat sekarang untuk satu minggu kedepan, terus membuat laporan perminggunya dan perkembangannya sebelum penilaian Adipura.
Rompis mengakui, beban penilaian Adipura tahun ini lebih berat, dimana dulu indikator yang dinilai hanya hijau dan bersih, akan tetapi saat ini pencemaran lingkungan sekitar titik pantau juga dinilai.
Ini berdasarkan pengalaman tahun lalu ada beberapa obyek yang nilainya perlu ada pembenahan dan perbaikan karena semakin ketatnya penilaian Adipura.
“Yang paling urgen penilaian yakni kebersihan drainase di Pasar serta Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Airmadidi perlu perhatian serius,” Ujar Rompis.
Menurutnya, yang paling di prioritaskan adalah lokasi drainase Pasar dan TPA.
“Jangan lupa dilokasi perkantoran, sekolah, puskesmas pada titik pantau diwajibkan memiliki tempat pengomposan, WC yang bersih karna ada beberapa indikator yang dijadikan penilaian tersendiri.” Tandas Kabid.
(IfuL/Rinto)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*