Jendral Gatot: Saya Siap Mengabdi Pada Negara Sekalipun Sudah Pensiun

JAKARTA BUSERNEWS.com – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmatyo hampir memasuki masa pengsiunnya Pada bulan Maret 2018 mendatang. Dari informasi ini, sejumlah spekulasipun mulai bermunculan bahwa dia akan terjun dalam dunia politik, dan akan ikut maju pada Pilpres 2019 nanti.

Jenderal Gatot Nurmantyo ketika dikonfirmasi enggan memberikan tanggapannya pada saat ditanya apakah memiliki niat untuk terjun dalam dunia politik. Pasalnya sekarang ini dirinya masih menjabat sebagai Panglima TNI dan masih belum diperbolehkan untuk terjun dalam dunia politik.

“Saya belum pensiun, aturan terhadap saya masih tetap berlaku,” kata Gatot di Istana Bogor, Selasa (5/12/17).

Namun pada akhirnya setelah mendapatkan desakan dari sejumlah wartawan yang ada, pada akhir Jenderal Gatot Nurmantyo telah buka suara mengenai hal itu. Ia mengatakan kalau masih siap untuk mengapdi kepada negara walau nantinya sudah masa pengsiun.

“Saya sebagai prajurit, walaupun pensiun, manakala negara memanggil untuk mengabdi, sekecil apa pun, saya siap mengabdi,” tutur dia.

Pada saat ditanya apakah bentuk pengabdian tersebut dengan terjun dalam dunia politik, dirinya juga tidak mengelaknya. “Apa pun yang diminta negara, apa pun saya berikan. Tidak akan saya menghindari itu,” ujarnya.

Akan tetapi, pada saat ditanya mengenai peluang yang akan ada untuk dirinya mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang, Jenderal Gatot Nurmantyo masih enggan memberikan jawabannya. Sekarang ini dia mengaku masih melihat perkembangannya yang terjadi.

“Saya katakan nanti sajalah kita lihat. Sekarang saya bagaimana perintah Pak Jokowi menyiapkan semuanya ini,” pungkasnya.

“Sekarang ini secara de facto de jure masih panglima TNI. Masih punya kesempatan menyiapkan sehingga pada saat pergantian berjalan mulus semuanya karena itu yang harus dilakukan,” lanjut dia.

Sebelumnya diketahui, kalau Jenderal Gatot Nurmantyo akan purnatugas dari TNI pada Maret 2018 mendatang. Presiden Joko Widodo sebelumnya akan melakukan pemilihan kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Gatot Nurmantyo. (Red)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*