Hadapi Pilkada 2018 Kapolda Sulut Paparkan Kesiapan Para Personil


MANADO BUSERNEWS – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) menerima Kunjungan dari Tim Asistensi Mabes Polri Selasa (30/1/2017). Tim tersebut dipimpin oleh Brigjen Pol Alexander Mandalika bersama Brigjen Pol Eddy Napitupulu serta 3 anggotanya.

Kedatangan para petinggi Mabes Polri ini dalam rangka pantauan kesiapan Polri menghadapi Pemilukada serentak tahun 2018 di Sulawesi Utara yang dilangsungkan diruang Tribrata Mapolda Sulut.

Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Bambang Waskito saat melangsungkan pertemuan bersama Tim Asistensi Mabes Polri menyampaikan. Salah satu tolak ukur keberhasilan pilkada adalah terciptanya keamanan dan ketertiban hingga terpilih dan dilantiknya pejabat baru.

“Setiap anggota Polri diharapkan dapat berperan sebagai water cooler (pendingin suasana) di tengah-tengah masyarakat, guna menetralisir berbagai intervensi, intimidasi dan provokasi dari pihak-pihak yang hendak memicu terjadinya konflik,” katanya di hadapan para pejabat utama polda dan para Kapolres/ta jajaran Polda Sulut yang hadir.

Menurutnya, dalam proses Pilkada 2018 ini, Polda Sulut telah menyiapkan 4.876 personel yang terdiri dari 2/3 personel polres/ta atau sebanyak 2.924 personel ditambah dengan 612 personel BKO polda yang terdiri dari gabungan staf 178 personel, Sat Brimob 274 personel, Dit Polair 60 personel dan Dit Sabhara 100 pesonel serta 1340 personel dari TNI.

Pada Pilkada 2018 di Sulawesi Utara ini, terdapat 5 kabupaten dan 1 kota yang akan menggelar pemilihan umum kepala daerah, yaitu Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Sitaro, Kabupaten Talaud, Kabupaten Bolmong Utara dan Kota Kotamobagu.

Menghadapi Pilkada, Polda Sulut telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti peningkatan turjawali (pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli), melaksakan kegiatan monitoring dan pengamanan berbagai tahapan pilkada, pengamanan objek/fasilitas publik yang terkait dalam kegiatan pilkada serta melaksanakan kerja sama lintas sektor dengan pihak – pihak yang terkait pengamanan pilkada seperti TNI dan Pam Swakarsa Linmas.

Turut hadir dalam pertemua tersebut Wakapolda Sulut Brigjen Pol Johanis Assadoma bersama pejabat utama Polda Sulut dan seluruh Kapolres diwilayah Sulut.
(Renny/Fonda)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*