601 Makam Didesa Kawangkoan Minut Dipindahkan Dan Dibikin Permanen

MINUT BUSERNEWS – Makam di Desa Kawangkoan Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara (Minut) harus dipindahkan. Hal ini dampak dari Pembangunan Proyek Jalan Tol Manado-Bitung.

Salah satu ahli waris yang datang untuk menyaksikan pembongkaran almarhum/ah bapak dan ibunya ketika dikonfirmasi awak media BuserNews, Sabtu (17/2/2018) merasa terharu karena ingat dengan masa silamnya.

“Sudah sejak tadi pagi saya di sini. Karena sekarang mulai pemindahan makam ibu dan bapak saya,” ungkap Warga Kuwil.

“Saya terharu karena teringat sewaktu masih hidup. Saya juga ikhlas pemindahan makam ini karena ini adalah untuk kepentingan umum. Dan untuk orang banyak,” tambahnya seraya mengatakan jangan dipublis namanya.

Sementara Hukum Tua Desa Kawangkoan Paulus Kodong mengatakan, ada sekitar 601 makam yang akan di pindahkan, kegiatan pemindahan makam juga sudah dilakukan ritual adat dan semua ahli waris sudah mendapatkan haknya (ganti rugi).

“Puji Syukur kepada Tuhan, tidak ada permasalahan karena ganti rugi sudah sesuai dengan permintaan warga ahli waris. Dan sudah disalurkan. Ada 601 makam yang akan di pindahkan. Kami juga sudah mengadakan ritual adat di makam yang akan dipindahkan,” jelasnya.

Kodong juga menambahkan, Luas lahan yang disediakan pemerintah Desa berkisar 2 hektar dan dari Tol 600 meter/segi jadi lahan seluruhnya 2,6 hektar.

”Ada 2,6 hektar tanah pekuburan, semua satu area, dan semua telah ditata dari almarhum/ah Bapak-Ibu Gubernur Olly Dondokambey terletak didepan dan perangkat desa baru masyarakat umum.” Tandas Kodong seraya menambahkan masyarakat tidak usah cemas karena semua pekuburan akan di bikin permanen (kubur beton).
(ifuL/Lucky)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*