PT Angkasa Pura Diduga Buang Limbah Cair Langsung Kesungai

MANADO BUSERNEWS.com – Puluhan masyarakat sekitar bandara Sam Ratulangi keluhkan air limbah cair berbau busuk milik PT Angkasa Pura yang diduga dibuang langsung kesungai.

Hal ini dibuktikan aroma bau busuk yang menyengat ketika Tim Media melakukan pantauan dilokasi pembuangan limbah cair yang diduga dibuang langsung, sehingga menggangu pemukiman warga di sekitar bandara.

Kepada awak media beberapa warga Kelurahan Mapanget Barat mengatakan, mereka sangat keberatan pihak bandara yang diduga dengan sengaja membuang air limbah berbau busuk ke sungai sehingga polusi udara tercemar di sekitar pemukiman.

“Kami warga Mapanget barat sangat kecewa dan keberatan dengan pihak bandara karena sungai yang sering dipakai warga untuk mencuci dan sebagainya kini tercemar dengan aroma berbau busuk. Kami mengharapkan agar pihak yang berkompeten dapat turun ke lokasi untuk melihat dan bertindak sesuai dengan aturan yang ada, agar sungai kami tidak tercemar dengan limbah cair bandara” ujar beberapa Warga setempat.

Setelah di telusuri lebih jauh ternyata instalasi pengolahan limbah cair milik angkasa pura belum memiliki kolam Sampel atau kolam percontohan, untuk air limbah layak buang.

Informasi dilapangan dari beberapa pekerja tempat pembuangan akhir (TPA) bandara Sam Ratulangi ternyata ada beberapa mesin pengolahan limbah telah rusak sejak tiga tahun lalu, termasuk inceneratornya.

“Inceneratornya sudah rusak tetapi baru seminggu, dan dalam waktu dekat ini akan ada penggantian alat, mungkin Minggu depan sudah selesai di perbaiki, kalau beberapa mesin di kolam sudah rusak sejak lama” pungkas pekerja TPA.

Sementara pihak PT Angkasa Pura melalui Humas Ida Bagus KT Juliadnyana didampingi Tim teknis pengolahan Limbah mengatakan, setiap tiga bulan pihak bandara selalu memasukkan laporan rutin, dan di periksa oleh tim yang berwenang, begitu juga uji semester, uji laboratorium dan hasilnya selalu baik, sehingga limbah cair itu sudah layak di buang.

“Kami dari pihak bandara menyampaikan banyak terima kasih kepada rekan-rekan media yang telah memberikan informasi dan masukan, kedepankan  kami akan melakukan perubahan yang lebih baik.” Ujar Ida Bagus.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado Yohanis Waworuntu ketika di informasikan permasalahan ini, langsung merespon dengan menugaskan kepala bidangnya untuk dapat berkoordinasi dengan pihak terkait agar segera turun untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.

“Terima kasih informasi dari teman-teman media, kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menindak lanjuti keberadaan dan kebenaran informasinya” singkat Waworuntu.
(Ridwan/Benny)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*