Terkait Dugaan Adanya Pungli Dana PBL, Camat Mapanget Bantah Minta Jatah

MANADO BUSERNEWS – Seorang Warga (Aparat Kelurahan) mengeluh terkait adanya permintaan jatah oleh oknum yang diduga dilakukan seorang Camat dalam Bantuan Dana Program Bersih Lingkungan (PBL) di Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Rekaman Telpon dari seorang nàrasumber, yang berdurasi kurang lebih 3 menit pada Desember 2017 lalu, mengeluhkan bahwa dirinya harus memberikan Jatah ke oknum Camat sebesar Rp 1 juta setiap penerimaan dana PBL “Yah memang Camat meminta jatah Rp 1Juta setiap penerimaan PBL. Kalau tidak diberikan saya takut tidak akan menerima dana tersebut, semua  harus ada rekom dari Lurah dan Camat, kalo dorang nda tandatangan tantu torang nda dapa PBL,” kutip pengakuannya dalam rekaman tersebut.

Menurut Narasumber dalam rekaman saat berbincang dengan wartawan Busernews bulan Desember 2017 lalu, mekanisme penerimaan PBL harus melalui Rekomendasi dan tandatangan dari Lurah dan Camat sehingga apabila penerimaan PBL dia harus memberikan jatah sebesar Rp 1juta.

Sementara Camat Mapanget RH, ketika dikonfirmasi Tim media BuserNews, Kàmis (8/2/2018) membantah kalau ada punggutan atau ada jatah-jatahan yang dilakukannya.

“Semua itu tidak benar. Saya tidak pernah menerima apapun dalam penerimaan PBL. Program bersih lingkungan (PBL) itu bukan dari Kecamatan, melainkan dari Dinas Sosial” ujar Camat yang akrab dengan Jurnalis ini

Menurut Camat, PBL tersebut dari Dinas Sosial sehingga tidak ada sangkut pautnya dengan instansi Kecamatan apalagi sampai minta jatah.

“Kalau memang benar kami melakukan punggutan atau minta jatah, mana buktinya, saya akan berikan uang Rp 1 Miliar apabila ada buktinya.” Tegas Camat seraya menambakan saya butuh data yang otentik, bukan hanya sekedar rekaman, sebab itu bukan sebagai bukti.” Tandas Camat.
(Tim)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*