Gubernur Olly Resmikan Instalasi Pengelolaan Air Minum Di Tondano

MINAHASA BUSERNEWS – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE meresmikan Instalasi Pengelolaan Air Minum (Sistem Penyedian Air Minum) di Danau Tondano  Kelurahan Paleloan  Tondano Selatan jumat (16/03/2018 ).

Dalam sambutan Gubernur  Olly mengapresiasi kepada segenap pihak terkait atas kerja keras,  sehingga fasilitas boleh ada dan  dapat diresmikan pada saat ini serta  siap digunakan  untuk pemenuhan kebutuhan air  kepada masyarakat khususnya rakyat Tondano.

” Air adalah kebutuhan sentral bagi manusia dimana selain kebutuhan mengolah bahan makanan , minum, mandi dan mencuci juga sebagai aspek penunjang bagi manusia dalam berbagai aktivitas bidang pertanian , perikanan , perkebunan industri rekreasi/pariwisata serta siklus lingkungan hidup, kata Gubernur.

Diresmikannya  instalasi pengelolaan air minum saat ini , haruslah disambut gembira , karena bukan saja  representasi dari perhatian pemerintah atas kebutuhan masyarakat terhadap akses air bersih, namun juga wujud dari janji-janji  kampanye bupati Jantje W Sajow  waktu mencalonkan menjadi bupati pada waktu yang lalu.

” Ini adalah bukti dari janji-janji kampanye JWS waktu mencalonkan menjadi bupati minahasa dan sudah dibuktikan saat ini diakhir masa jabatan , ungkap Gubernur.

Dengan harapan kehadiran instalasi ini mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Tondano dan sekitarnya.

‘Karena Tondano identik dengan kota air tapi kenyataannya susah air, sekarang  hadirnya instalasi ini kiranya dapat dirawat  dan dimanfaatkan sebaik mungkin pemanfaatanya untuk memenuhi kebutuhan  air minum masyarakat Tondano dan sekitarnya, harap Gubernur.

Pada kesempatan ini saya mengajak masyarakat untuk bersama sama mengelola dan melakukan langkah -langkah efisiensi dalam penggunaan sumberdaya air. Hal ini penting karena fakta dilapangan menunjukan akses kuantitas dan kualitas air semakin menurun oleh berbagai penyebab, sedangkan kebutuhan akan air terus bertambah dikarenakan semakin tingginya populasi manusia, tutup Gubernur Olly Dondokambey.

Sebelumnya Kepala  Balai  Wilayah Sungai  Sulawesi II Djidon Watania SE MM mengatakan maksud dan tujuan  dari kegiatan ini adalah untuk mengfungsikan prasarana  dan sarana yang sudah dibangun yang belum di fungsikan sebagaimana  mestinya, katanya.

Hal ini disebabkan karena pihak PDAM  Minahasa sangat sulit  untuk mendapatkan BBM berupa solar industri serta biaya pengoperasian sangat mahal dibandingkan dengan menggunakan listrik PLN dalam kajian ekonomis, ujarnya.

Dan manfaat pekerjaan  ini untuk memenuhi kebutuhan air baku Kampus IPDN Tampusu , Kampus UNIMA di Tondano dan sebagian masyarakat Kota Tondano dan sekitarnya, jelas Djidon Watania.

Peresmian ini dihadiri oleh Bupati Minahasa Jantje W Sajow, Kepala Pusat Air Tanah Air Baku Kementerian PUPR Mohammad  Amir Hamzah MM, Pejabat Eselon 2 dilingkup Pemprov Sulut,  Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH,  Forkopimda  Minahasa , Sekda Minahasa Jefry Korengkeng dan Direktur PDAM Minahasa Arnold Winowatan SH DEA. (Ferry/Jerry)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*