Dirlantas Polda Sulut Gelar Diskusi Polemik Transportasi Daring

MANADO BUSERNEWS.COM – Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) Kombes Pol Ari Subiyanto menggelar diskusi dan solusi polemik fenomena transportasi daring yang dilaksanakan di Rumah Kopi K.8 Sario Kota Manado. Kamis (12/4/2018).

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolresta Manado Kombes Pol FX Surya Kumara yang saat itu mendampingi Dirlantas.

Dalam penyampaian, Subiyanto menegaskan bahwa transportasi daring atau online tetap harus diatur.

“Memang harus kita atur Transportasi daring ini. Apabila tidak diatur maka tak ada bedanya dengan taksi gelap. Artinya terkesan taksi gelap yang punya aplikasi,” ujar Subiyanto.

Sementara Kapolresta Manado Kombes Pol FX Surya Kumara mengatakan, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Manado, memang harus berperan dalam menangani polemik fenomena transportasi daring ini.

“Saya berterima kasih karena ada informasi sehingga ada pemahaman baik dari ketentuan Kominfo, Kemenhub maupun sisi hukum. Mudah-mudahan semua pengemban fungsi dapat menyampaikan hasil diskusi ini,” Singkatnya.

Adapun hasil dari kesimpulan tersebut ada 5 item yang harus diterapkan yaitu:

1) Angkutan Umum Daring merupakan angkutan umum orang tidak dalam trayek dengan tujuan tertentu dengan sewa. Sehingga secara yuridis sudah terkualifikasi dalam undang-undang no22 tahun 2009 tentang lalulintas angkutan jalan.

2) Aspek Daring menekan pada metode untuk memesan angkutan umum.

3) Perlunya edukasi dan keterbukaan untuk menerima teknologi secara efektif efisien yg bertujuan untuk kesejahteraan keteraturan dan keselamatan.

4) Penggunaan sepeda motor untuk anggkutan umum merupakan kebijakan transisional sebagai angkutan umum daerah yang diatur dalam peraturan daerah.

5) Materi UU no 22 tahun 2009 tentang Lalulintas Angkutan Jalan secara substansi dan empirik tidak perlu ada materi yang harus dirubah karena masih relevan. Namun dibutuhkan aturan pelaksanaan dalam peraturan Pemerintah Peraturan Mentri ataupun peraturan Kapolri untuk hal yang lebih teknis.
(Fonda)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*