Basarnas Gorontalo Siapkan Pospam Di Pelabuhan Penyeberangan

GORONTALO BUSERNEWS.COM – Antisipasi Kecelakaan laut di perairan laut Sulawesi dan Teluk Tomini selama angkutan Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah, Kantor Basarnas Gorontalo, menyiapkan posko di Pelabuhan penyeberangan.

Kepala Basarnas Gorontalo Muslimin S.Sos, didampingi Kasubsi Operasi Saktianto dan Kasubsi bagian Sarpras SAR Muh.Rizal menyebutkan bahwa, Basarnas Gorontalo disiagakan untuk ikut mengamankan angkutan lebaran 2018.

“Selama arus mudik tahun ini, Basarnas mengoperasikan ada lima posko siaga sepanjang angkutan lebaran saat arus mudik dan arus balik lebaran.” Ujar Muslimin.

Menurutnya, fokus pengamanan dalam angkutan mudik dalam angkutan lebaran untuk mengamankan beberapa titik, di antaranya pelabuhan laut dan Bandara udara.

“Mengingat pelabuhan ferry Gorontalo menjadi gerbang utama dari Gorontalo menuju Makassar, pare-pare serta luwuk dan beberapa daerah lainnya demikian sebaliknya, persiapan personel akan mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut.” Jelasnya.

Sepanjang angkutan lebaran ini, lanjut Muslimin, pihaknya telah menurunkan 67 personel yang akan ditempatkan dibeberapa posko siaga lebaran di wilayah Gorontalo. Selain personel, Basarnas Gorontalo juga menerjunkan alat utama (alut), 3 unit Kapal yakni KN SAR 226 SAMBA, KN SAR 216 dan KN 416, serta 2 unit Rib.

Personel tersebut disiagakan di posko terpadu terminal Pelabuhan ferry Gorontalo, pelabuhan Kwandang, dan wilayah Boalemo/Pohuwato.

“SAR akan disiagakan sejak arus mudik dan arus balik H-8 (7/6) hingga H+(24/6).” Imbuhnya.

Hingga hari terakhir puasa dan jelang lebaran Idul Fitri, belum ditemukan kejadian yang menonjol berkaitan dengan kecelakaan di laut dan kecelakaan lainnya.

(Rahman)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*