Patuarian Ne Matungkas Gelar Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis Untuk Masyarakat

MINUT BUSERNEWS.COM – Patuarian Ne Matungkas se-Jabodetabek menggelar Bakti Sosial Didesa Matungkas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Sulawesi Utara (Sulut).

Kegiatan yang dimulai hari ini Selasa 19 s/d 21 sebagai bentuk kepedulian Perkumpulan Orang Matungkas yang ada di Tanah jawa kepada masyarakat desa Matungkas.

Ketua Panitia Kolonel Pnb Aldrin P Mongan mengatakan, biasanya kalau pulang kekampung kita tidak berbuat sesuatu, tapi kali ini Patuari Ne Matungkas ingin berpatisipasi kepada masyarakat didesanya agar apabila kembali, Perkumpulan orang Matungkas ini telah meninggalkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kali ini kami Patuarian Ne Matungkas Se Jabodetabek menggelar Bakti Sosial berupa Operasi Katarak Gratis, sudah 750 orang yang mendaftar, ada juga 55 orang dari luar Matungkas yang mendaftar” kata Mongan.

Menurutnya Sebanyak 750 orang positif katarak ditargetkan selesai dioperasi dalam 3 hari ke depan dimana perharinya akan ada 250 orang yang mendapatkan operasi gratis.

Selain operasi gratis, Lanjut Mongan, panitia juga menyiapkan 2500 unit Kaca Mata untuk masyarakat yang hasil screeningnya dinyatakan negatif katarak. “Kami juga menyiapkan kacamata Gratis bagi masyarakat yang dinyatakan negatif katarak. Selain itu Kami siapkan pengobatan umum pembagian obat-obat dan bedah Minor, gratis.” Ujarnya.

Lebih lanjut Mongan menuturkan, hari pertama ini sudah 8 orang telah di operasi kataraknya, sedangkan Bedah minor sebanyak 4 orang. “Panitia juga telah menyalurkan kaca mata gratis kurang lebih 400 unit kepada masyarakat.” Katanya.

Mongan menambahakan, selain kegiatan bakti sosial, panitia juga akan menggelar Museum Rekor Indonesia (Muri) Buah pepaya, “Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini selain untuk memecahkan rekor muri, juga untuk mempromosikan pepaya yang merupakan ikon pangan asli Matungkas dengan citarasanya yang lezat.” Jelas Wadan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Tentara Nasional Indonesia (PMPP TNI).

Sementara beberapa Pasien yang telah di operasi mengutarakan rasa syukurnya sudah menjalani operasi katarak secara gratis.

Diantaranya Oma Rawung Mandey (77) Warga Desa Matungkas, sangat bersyukur atas kegiatan yang diselenggarakan oleh Patuari Ne Matungkas se Jabodetabek.

“Terima kasih kepada Patuari Ne Matungkas karena dengan operasi gratis ini saya tidak katarak lagi.” Ujar Oma Rawung.

Senada Suryana Singkanaung (52) warga Kampung Baru Warisa mengatakan, belum lama ini rumah sakit telah menawarkan operasi katarak dengan biaya yang cukup besar.

“Kemarin saya harus sediakan anggaran lebih dari Rp 8Juta, untuk biaya operasi katarak, tapi dengan kegiatan operasi gratis yang diselenggarakan Patuarian Ne Matungkas ini, saya tidak lagi mengeluakan biaya sepeserpun. Terima Kasih Patuarian Ne Matungkas, Tuhan memberkati” tandasnya.

(Denny/Munir)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*