Terumbu Karang Dipantai Patokaan Boltim Terancam Rusak

BOLTIM BUSERNEWS.com – Baru baru ini viral di medsos tempat wisata bahari yang baru di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tepatnya Pantai Patokaan (tanjung silar) Desa Jiko, Kecamatan Nuangan.

Lokasi wisata yang berjarak sekitar 15 menit dari Tutuyan ibukota Boltim tersebut menjanjikan pemandangan yang bakal memanjakan mata wisatawan karena Pantai Patokaan ini dianggap mirip dengan May Bay di Phuket, Thailand.

Pantai May Bay Phuket sendiri, dikenal sebagai lokasi syuting film The Beach yang dibintangi aktor Leonado Di Caprio, tahun 1999 ada wisatawan juga mengatakan mirip dgn Pantai Navagio yang dijadikan tempat syuting drama Korea ‘Descendants of The Sun’.

Pemandangan ini yg banyak menarik minat wisatawan domestik yg ingin menikmati keindahan panorama ciptaan TUHAN.

Untuk dapat menikmati pemandangan yang eksotis ini pengunjung diharuskan menaiki perahu katinting (Perahu) dengan jarak tempuh kurang lebh 10-15 menit dari port jiko tanpa pelampung ato pengaman lainnya degan biaya penyebrangan sebesar 20.000 ribu rupiah.

Namun pengorbanan itu tidak menjadi sia-sia untuk sebuah petualangan bahari yang mengasikkan.

Sesampai di lokasi anda, akan disambut oleh para penjaja makanan setempat yang akan mengajak anda ke tenda tenda yang sudah di sediakan, namun jika anda lapar mereka juga menyediakan berbagai olahan makanan dan aneka minuman.

Dari tenda tersebut anda tingal berjalan kaki kurang lebh 5 menit menaiki bukit nda melewati pos penjagaan pertama dengan membayar uang tiket masuk sebesar 2000 ribu rupiah per orang. Cukup murah bukan?

Namun ketenaran tempat wisata bahari ini bukan tak memakan korban, diantaranya terumbu karang yang ada disekitar lokasi wisata menjadi taruhannya.

Dulu terumbu karang disini lumayan bagus dan indah namun setelah banyak pengunjung yg datang, terumbu karang menjadi rusak.

Banyaknya penjunjung yang berfoto, selfi ria sehingga menginjak terumbu karang dibibir pantai menjadi salah satu penyebab kerusakan.

Sejauh ini belum ada aturan dari pemerintah yang mengatur sehingga disinyalir jadi salah satu penyebab rusaknya terumbu karang di sekitar pantai patokaan atau lebih di kenal degan Tanjung Silar Jiko.

(NP007)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*