Polres Minut Mediasi Masalah Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan

MINUT BUSERNEWS.com – Kepolisian Resor Minahasa Utara terus melakukan mediasi terhadap proyek pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan yang mendapat protes dari masyarakat adat setempat.

Pada hari ketiga pelaksanaan proyek nasional pembangunan Bendungan di Desa Kuwil Kecamatan Kalawat tersebut, Sabtu (20/10/2018), masyarakat adat dari Minahasa menolak pembangunan tersebut dengan alasan disitu terdapat situs cagar budaya berupa kuburan Waruga.

Waruga-waruga tersebut sebelumnya sudah direlokasi ke lahan yang telah disiapkan oleh pihak Pemerintah namun dari pihak masyarakat adat tidak menerimanya dengan alasan bahwa keberadaan pemindahan Waruga yang tidak sesuai dengan cara adat istiadat di Minahasa.

Menurut mereka, lokasi pemindahan seharusnya berada di Desa Kuwil bukan di desa lain, sehingga kelompok masyarakat yang mengatasnamakan masyarakat adat akan memindahkan kembali waruga tersebut ditempat semula yang merupakan lokasi areal pembangunan Bendungan Kuwil Kaleosan.

Kasubag Humas Polres Minahasa Utara AKP Hilman Muthalib membenarkan hal tersebut. “Pihak kepolisian terus memberikan fasilitas kedua belah pihak untuk berdialog mencari solusi terbaik,” tuturnya.

(Munir/Denny)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*