Final Kejurnas Seri II Pacuan Kuda Piala Presiden di Tompaso Resmi Di Buka Menkumham RI

MANADO BUSERNEWS.COM – Kejuaraan Nasional (Kejurnas ) Pacuan Kuda Seri II Piala Presiden Republik Indonesia memasuki babak final. Kejuaraan ini digelar di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso, Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara, Sabtu (22/12/2018).

Kejuaraan tersebut dimulai pada 15 Desember 2018 diawali dengan babak penyisihan hingga 19 Desember 2018, di tempat yang sama.

Final Kejurnas Seri II ini dibuka oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly. Dalam sambutannya, Menteri memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Sulut dan Kabupaten Minahasa yang telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kejuaraan ini.

“Olahraga ini tidak hanya terkenal di Indonesia tapi juga oleh raga yang terkenal di dunia. “Saya berharap Pemerintah Provinsi Sulut dan seluruh masyarakat dapat terus mengembangkan olah raga ini,” katanya.

Menurutnya, di tempat lain olah raga berkuda ini sudah mulai mengalami penurunan, tetapi di Sulut justru semakin baik dan semakin digemari. “Kedpan mudah-mudahan kejuraan berkuda tidak hanya dilaksanakan secara nasional namun hingga kejuaraan regional maupun internasional,” harapnya.

Oleh karena itu ia mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk memajukan olah raga ini. Disamping itu juga ia berharap olah raga ini dapat menghasilkan devisa untuk Sulawesi Utara.

Kejuaraan kali ini diikuti oleh 9 Pengurus Provinsi Pordasi, yaitu Sulawesi Utara, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DIY, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.

Kejuaraan ini memperlombakan berbagai kelas dalam Kejurnas diantaranya, kelas A terbuka 2200 meter, kelas A sprint 1300 m, kelas B 1850 m, kelas B sprint 1200 m, kelas C 1600 m, kelas C sprint 1100 m, kelas D 1400 m, kelas D 1000, kelas E 1800 m dan kelas E 1000 m. selain itu juga ada kelas non Kejurnas serta lomba pacuan roda sapi dan bendi kalaper.

Iven ini juga disaksikan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Drs. Bambang Waskito didampingi Ny. Ruthy, segenap Forkopimda Sulut, Pejabat Pemerintah Provinsi tetangga dan seluruh masyarakat pecinta olah raga berkuda.

Kejuaraan Nasional ini memperebutkan Piala bergilir Presiden RI, piala tetap, dan uang pembinaan total senilai Rp. 550 juta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*