Menag RI Resmikan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado

MANADO BUSER NEWS – Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Utara dalam rangka meresmikan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado, Jumat (21/12/2018) pagi.

“Dengan rahmat Tuhan yang Maha Esa, saya resmikan IAKN Manado dan penggunaan gedung aula, guest house serta asrama putri,” kata Menag lalu menandatangani prasasti peresmian sambil disaksikan Gubernur Olly Dondokambey, SE.
Dalam sambutannya, Menag mengatakan dengan meningkatnya status Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) menjadi IAKN harus diikuti dengan totalitas kinerja dari seluruh jajaran IAKN.

“Dengan beralih status dari sekolah tinggi menjadi institut berarti ada tanggungjawab yang semakin besar. Ini harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” kata Menag.
Lanjut Menag, agama hadir dalam setiap sendi kehidupan sebagai ajaran yang memanusiakan manusia.

“Agama hadir untuk manusia, mempunyai pesan yang sama untuk sesama,” ucapnya.
Menag menegaskan, aspek sosial dalam agama sangat luar biasa. Kesalehan tidak hanya diukur oleh persoalan personal semata, namun harus terjewantah dengan kehidupan sosial.
Terkait Hari Raya Natal 2018, Menag menyampaikan selamat merayakan Natal kepada seluruh masyarakat Sulut.

“Selamat merayakan Natal. Mudah-mudahan dengan semangat Natal, kita bisa saling menguatkan, mengasihi dan menebar kedamaian,” ucap Menag.

Sebelumnya, Gubernur Olly Dondokambey, SE mengapresiasi perhatian Menag atas perkembangan IAKN Manado.
“Kami berterimakasih kepada Bapak Menteri yang telah menyediakan berbagai sarana penunjang di
IAKN Manado dan sekaligus meresmikannya,” kata Olly.
Olly menuturkan, IAKN Manado tak hanya menjadi tempat belajar bagi mahasiswa dari Sulut saja. IAKN Manado juga menjadi kampus bagi mahasiwa dari daerah lainnya seperti daerah kepulauan dan Maluku.

Lebih lanjut, Olly mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan dan kebersamaan antar umat beragama yang sudah terjalin baik di Sulut.
“Mari kita menjaga kerukunan dan kebersamaan. Sepeti air dan minyak semuanya punya fungsi masing masing. Begitu juga agama semuanya memiliki fungsi yang baik. Tuhan tidak menciptakan sesuatu yang tidak baik. Semuanya baik,” ungkap Olly.

Peresmian IAKN turut dihadiri oleh Rektor IAKN Manado, Jeane Marie Tulung, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulut Abdul Rasyid, para pejabat Pemprov Sulut dan Segenap Civitas Akademika IAKN Manado.

(Ody/Paulus)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*