Polres Tomohon Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Samrat-2018

TOMOHON BUSERNEWS.COM Kapolres Tomohon, AKBP Raswin Sirait memimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Samrat-2018 Dalam Rangka Pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Jum’at (21/12), pagi, di halaman Mapolres.

Membacakan amanat tertulis Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kapolres mengatakan, apel gelar pasukan ini diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran dan merupakan momentum penting untuk meninjau kesiapsiagaan personel, melakukan pengecekan sarana dan prasarana pengamanan, serta guna memperkuat soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengamanan Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Menjelang Hari Raya Natal, lanjutnya, terjadi peningkatan intensitas kegiatan masyarakat, mobilitas moda transportasi, serta peningkatan demand terhadap kebutuhan pokok khususnya bahan pangan. “Kondisi ini memunculkan potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian kita bersama,” ujar Kapolres.

Seluruh pemangku kepentingan diharapkan perlu melakukan konsolidasi bersama, sembari mengecek kesiapan pengamanan, serta menyamakan persepsi, agar pengamanan dapat berjalan dengan lancar. “Soliditas dan sinergisitas yang baik di antara para pemangku kepentingan, menjadi salah satu kunci utama yang harus senantiasa dipelihara dan ditingkatkan,” pungkasnya membacakan amanat.

Operasi Kepolisian Terpusat ini dilaksanakan selama 10 hari, sejak tanggal 23 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2019, kecuali pada 13 Polda Prioritas I, yakni Sumut, Lampung, Banten, Metro Jaya, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Bali, Sulut, Maluku, NTT, dan Papua, operasi akan digelar selama 12 hari terhitung sejak 21 Desember.

Turut hadir dalam apel tersebut, yakni Sekkot Tomohon, Harold Lolowang beserta Forkopimda dan instansi terkait, Ketua FKUB Kota Tomohon, Pdt. Joy Palilingan, Pejabat Utama Polres Tomohon, para camat dan lurah se-Kota Tomohon.

Sedangkan pasukan upacara terdiri dari personel Polres Tomohon dan jajaran, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Sat Pol PP, BPBD, Linmas dan Manguni Lovers Kota Tomohon.

Sesaat usai apel dilanjutkan dengan pemusnahan barang bukti miras (minuman keras) oleh Kapolres dan seluruh hadirin. Barang bukti terdiri dari 887 liter cap tikus dan 242 botol miras berbagai merk ini, merupakan hasil pelaksanaan Operasi Pekat Samrat-2018 dan operasi cipta kondisi.

(Fon/chan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*